Tips Mengobati dan Menghentikan Sendawa atau Cegukan

Sendawa atau cegukan memang merupakan salah satu hal yang wajar ketika sedang makan ataupun selesai makan. Biasanya sendawa ini merupakan tanda perut kita kenyang. Namun, kadangkala ada juga orang yang mengalami sendawa secara berlebihan. Hal ini terjadi akibat makanan yang dikonsumsinya tidak dapat dicerna dengan baik.Tentu saja sangat membuat kita terganggu. Penyebab cegukan yang bersifat sementara biasanya adalah peregangan saluran cerna, minuman berkarbonasi, banyak menelan udara, alkohol, merokok, stress, juga tertawa yang berlebihan. Iritasi pada saraf vagus dan frenikus merupakan penyebab tersering. Benda asing yang ada di daerah telinga pun ternyata juga dapat menjadi pencetus, karena ada salah satu cabang saraf vagus di daerah tersebut. Kelainan pada tenggorokan seperti peradangan dan tumor di daerah leher juga dapat menstimulasi serabut saraf yang ada di daerah tersebut, yang juga merupakan cabang saraf vagus.kami menyajikan sedikit informasi mengenai tips untuk Menghentikan Sendawa atau cegukan

1. ruku’

sebagaimana kita ruku’ dalam sholat. Saat kita ruku’ kita menahan nafas, semampunya. Bila sudah selesai, coba berdiri sempurna [i'tidal] dan tunggu sebentar untuk memastikan apakah sendawanya hilang apa belum. Biasanya, dalam sekali ruku’ dan menahan nafas sendawa bisa hilang, namun bila belum juga, silakan diulangi gerakan seperti itu lagi.

2.Tarik dan buang nafas 

kemudian tampung di dalam kantong atau kertas tertutup selama kurang lebih satu menit. Hidung dan mulut masuk ke dalam kantong tersebut. Maksudnya adalah untuk menahan dan meningkatkan CO2, sebab menurunnya jumlah CO2 dalam darah bisa menyebabkan cegukan. Setelah satu menit, Anda bisa beristirahat dan kemudian mengulangnya
kembali.

3.Tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut

Lakukan beberapa saat hingga cegukan hilang.

Tetapi alternatif lain dapat juga beberapa minuman yang dapat kamu konsumsi. diantaranya
1. Ai Putih Cara mengatasi sendawa agar cepat berhenti yaitu cukup mudah. Cobalah untuk meminum air putih atau air es. Dengan air putih ini diketahui dapat menghentikan sendawa yang berlebihan.

2. Minuman Soda Memang diketahui bahwa minuman soda berbahaya bagi kesehatan. Namun, ini terjadi jika kita berlebihan mengonsumsinya. Nah,buat kamu yang sedang mengalami sendawa yang berlebihan dapat minum minuman soda ini. Dimana diketahui bahwa minuman bersoda ini dapat
membantu menekan gas dalam perut, sehingga sendawa akan cepat berhenti.

3. Minum Teh Sendawa juga dapat dihilangkan dengan minum air teh. Pilihan
teh seperti teh hitam hangat, teh chamomile, dan teh mint merupakan pilihan yang baik , yang tentunya manfaatnya dapat menghentikan sendawa.

4. Seledri Seledri memang bukan merupakan sebuah minuman. Tapi  kandungan di dalam seledri inilah yang paling ampuh untuk menghentikan    sendawa. Carnya pun cukup mudah hanya dengan mengunyah seledri segar dapat menghilangkan sendawa berlebihan tersebut dengan cepat.

5. Minum Jahe Hangat Dengan menyeduh secangkir jahe hangat,

Bagaimana cegukan pada bayi ? dan cara mengatasinya ?
Bayi cegukan tidaklah berbahaya bagi kesehatannya. Yang perlu dilakukan adalah menenangkan bayi.Sangat penting bagi  bayi agar bersendawa setelah selesai menyusui. Bersendawa dilakukan untuk mengeluarkan udara berlebih atau gas di perut bayi. Dalam beberapa kasus, bersendawa juga dapat membantu kejang otot rilis di diafragma dan akhirnya dapat menghentikan cegukan pada bayi.Pijat punggung.Gosok punggung bayi sambil menenangkannya sehingga cegukan berangsur-angsur menghilang.
Berilah makan bayi sebelum mereka terlalu lapar dan perut mengandung banyak gas. Cegukan bisa menjadi tanda ada masalah di perut. Jika cegukan karena masalah lambung, biasanya disertai dengan muntah.Berhenti makan ketika cegukan tidak hilang.
Setelah beberapa menit, jika cegukan tidak berhenti, berhentilah menyusui bayi. Jika terus memberinya makan atau disusui selama cegukan, bisa-bisa bayi Anda muntah. Ini akan membuat bayi semakin frustasi. Jadi, biarkan cegukan bayi menghilang, lalu menyusui dapat dilanjutkan lagi.

Semoga informasi tentang Tips mengobati dan menghentikan sendawa atau cegukan diatas dapat bermanfaat untuk anda..


Artikel Terkait

Previous
Next Post »